AI Jawab Pertanyaan_Asisten Tugas Terbaik AI Online | Question AI
Beranda / Ilmu Sosial / Diskusikan dengan rekan satu kelompok mengenai hal berikut: - Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan

Pertanyaan

Diskusikan dengan rekan satu kelompok mengenai hal berikut: - Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan SEM dalam pembelajaran - Lalu apa arti SEM dalam pembelajaran
zoom-out-in

Diskusikan dengan rekan satu kelompok mengenai hal berikut: - Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan SEM dalam pembelajaran - Lalu apa arti SEM dalam pembelajaran PJOK dilihat dari sudut pandang Bapak/Ibu Guru? C Apa manfaat pembelajaran SEM untuk peserta didik? C Apa manfaat pembelajaran SEM untuk guru peserta didik dan-pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran SEM kedepannya/kehidupan sehari-hari Apa peran Bapak/Ibu dalam pembelajaran PJOK melalui SEM? Apa peran murid dalam pembelajaran PJOK melalui SEM?

Tampilkan lebih banyak
82
Jawaban
4.3 (212 suara)
avatar
Pratyush profesional · Tutor selama 6 tahun

Jawaban

Diskusi tentang SEM dalam Pembelajaran PJOK

1. Mengapa Bapak/Ibu Guru perlu melakukan SEM dalam pembelajaran?

* Meningkatkan Keterlibatan dan Motivasi: SEM mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, bukan hanya sebagai penerima informasi. Hal ini meningkatkan motivasi belajar dan rasa memiliki terhadap materi.
* Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa: SEM menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran, dengan guru sebagai fasilitator. Siswa dapat belajar dengan kecepatan dan gaya belajar mereka sendiri, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
* Mengembangkan Keterampilan Berharga: SEM membantu siswa mengembangkan keterampilan penting seperti komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan berpikir kritis. Keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
* Pembelajaran yang Menyenangkan dan Bermakna: SEM dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna dengan melibatkan aktivitas yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa.
* Evaluasi yang Lebih Komprehensif: SEM memungkinkan guru untuk menilai pemahaman siswa secara lebih komprehensif, tidak hanya melalui tes tertulis, tetapi juga melalui observasi, portofolio, dan presentasi.

2. Arti SEM dalam pembelajaran PJOK dari sudut pandang Bapak/Ibu Guru:

* Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aktif: SEM dalam PJOK dapat melibatkan siswa dalam aktivitas fisik yang menyenangkan dan menantang, seperti permainan, olahraga, dan aktivitas luar ruangan.
* Memfasilitasi Pembelajaran Berbasis Pengalaman: SEM memungkinkan siswa untuk belajar melalui pengalaman langsung, seperti bermain, berlatih, dan berkompetisi.
* Mengembangkan Keterampilan Motorik dan Kesehatan: SEM membantu siswa mengembangkan keterampilan motorik, koordinasi, keseimbangan, dan kebugaran fisik.
* Mempromosikan Kerja Sama dan Sportivitas: SEM mendorong siswa untuk bekerja sama dalam tim, menghargai lawan, dan menunjukkan sportivitas.

3. Manfaat pembelajaran SEM untuk peserta didik:

* Meningkatkan Keterampilan Motorik dan Kebugaran: SEM membantu siswa mengembangkan keterampilan motorik, koordinasi, keseimbangan, dan kebugaran fisik.
* Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Emosional: SEM mendorong siswa untuk bekerja sama dalam tim, berkomunikasi secara efektif, dan mengatasi tantangan.
* Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Keberanian: SEM memberikan kesempatan bagi siswa untuk mencoba hal baru, mengatasi ketakutan, dan meningkatkan rasa percaya diri.
* Meningkatkan Kesenangan dan Motivasi Belajar: SEM membuat pembelajaran PJOK lebih menyenangkan dan bermakna, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa.

4. Manfaat pembelajaran SEM untuk guru, peserta didik, dan pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran SEM kedepannya/kehidupan sehari-hari:

* Guru: SEM membantu guru untuk lebih memahami kebutuhan dan minat siswa, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.
* Peserta Didik: SEM membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan penting yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.
* Pihak-pihak yang terlibat: SEM dapat membantu membangun komunitas yang lebih sehat dan aktif, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

5. Peran Bapak/Ibu dalam pembelajaran PJOK melalui SEM:

* Memfasilitasi dan Membimbing: Guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, membantu siswa dalam memahami konsep, mengembangkan keterampilan, dan menyelesaikan masalah.
* Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman dan Menyenangkan: Guru bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan mendukung bagi semua siswa.
* Memilih dan Merancang Aktivitas yang Relevan: Guru harus memilih dan merancang aktivitas yang relevan dengan kebutuhan dan minat siswa, serta mendukung tujuan pembelajaran.
* Mengevaluasi dan Memberikan Umpan Balik: Guru harus mengevaluasi kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka belajar dan berkembang.

6. Peran murid dalam pembelajaran PJOK melalui SEM:

* Aktif Berpartisipasi: Siswa harus aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, bertanya, berdiskusi, dan menyelesaikan tugas.
* Bekerja Sama dalam Tim: Siswa harus bekerja sama dalam tim, saling mendukung, dan menghargai kontribusi masing-masing anggota.
* Menunjukkan Sportivitas: Siswa harus menunjukkan sportivitas, menghormati lawan, dan menerima kekalahan dengan lapang dada.
* Menjadi Pembelajar yang Mandiri: Siswa harus belajar untuk menjadi pembelajar yang mandiri, bertanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri, dan terus belajar dan berkembang.

Kesimpulan:

SEM merupakan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran PJOK. SEM dapat meningkatkan keterlibatan siswa, mengembangkan keterampilan penting, dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan bermakna. Peran guru dan siswa sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran SEM. Dengan kerja sama yang baik, SEM dapat membantu siswa mencapai potensi penuh mereka dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang sukses.

Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Pertanyaan Panas lebih lebih

Rencananya, ... itu akan diterapkan untuk daerah yang sudah aman dari krisis setelah melalui banyak uji coba. keputusan kebijakan penelitian kolaboras

9. Pada saat salat jamaah, imam membaca ayat sajdah tetapi tidak melakukan sujud tilawah, maka sebagai makmum yang dilakukan adalah.... A. Menegur ima

7. Pernyataan yang tepat mengenai teknik pengumpulan data observasi adalah ... a. Informasi atau data yang diperoleh bersifat faktual. b. Waktu pelaks

5. Bagaimana cara menanamkan sikap rendah hati, menjauhkan diri dari perilaku sombong dan takabur dalam kehidupan sehari-hari?

Beberapa peserta yang mengikuti rapat memiliki .... yang berbeda terhadap permasalahan yang sedang didiskusikan. saran hasil perspektif kesimpulan

5. Uji Pemahaman a. Apakah yang dimaksudkan "Membangun Kesepakatan Bersama"? b. Bagaimana cara membuat kesepakatan bersama? c. Apakah kalian terlibat

10. Dalam menyampaikan pendapatnya, masyarakat dituntut agar penyampaiannya sesuai dengan asas keseimbangan antara hak dan kewajiban. Pernyataan berik

1. Pernyataan yang tepat mengenai penelitian sosial adalah... a. Penelitian sosial mengkaji peristiwa masa lalu berdasarkan fakta di lapangan. b. Pene

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat. Pak Hendrik membeli dua buah motor setahun lalu. Motor pertama ia pakai untuk kegiatan sehari-hari dan mo

3. Kewajiban adalah sesuatu yang melekat pada hidup manusia. Kewajiban itu luhur dan berwibawa. Jelaskan arti pernyataan tersebut.

13. Sistem ekonomi campuran diterapkan untuk menyeimbangkan peran antara pemerintah dan masyarakat dalam kegiatan ekonomi. Karakteristik sistem ekonom

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia menggelar ..... di Bogor yang bertajuk Kebangkitan Mahasiswa diikuti 115 orang dari 46 perguruan tinggi d

7. Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan produksi ini disebut kegiatan .... A. jasa D. ekstrak

19. Perhatikan asas-asas pembentukan peraturan perundang-undangan berikut! 1) Kebangsaan 2) Keterbukaan 3) Keseimbangan 4) Kejelasan rumusan 5) Bhinne

10. Hasil observasi langsung biasa ditulis dalam sebuah formulir pencatatan. Jelaskan tujuan pemakaian formulir tersebut! Jawab: